Konglomerat kaya ini cari dana Rp 13,8 triliun

Pengusaha terkaya ke-11 di Indonesia, Prajogo Pangestu mencari pendanaan senilai US$1 miliar setara dengan Rp 13,8 triliun dari pasar modal

Prajogo Pangestu

Pengusaha terkaya ke-11 di Indonesia, Prajogo Pangestu mencari pendanaan senilai US$ 1 miliar setara dengan Rp13,8 triliun dari pasar modal melalui penerbitan saham baru perusahaan miliknya.

Henky Susanto, Direktur Independen PT Barito Pacific Tbk mengatakan perseroan berencana melakukan pengambilalihan dan penerbitan saham baru. Keterbukaan informasi tersebut diumumkan di PT Bursa Efek Indonesia, Senin (5/3).

Emiten berkode saham BRPT tersebut akan menerbitkan penawaran umum terbatas (PUT) II sebanyak 5,6 miliar saham baru dengan nominal Rp 500 per lembar. Total nominal modal yang diperoleh dari proses rights issue tersebut mencapai Rp 2,8 triliun. 

Perseroan juga akan menerbitkan waran sebanyak 1,4 miliar dengan nominal Rp 500. Waran diterbitkan menyertai saham baru yang diterbitkan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi pemegang saham. 

"Sehingga jumlah saham baru yang akan diterbitkan dari PUT II dan Waran adalah sebanyak-banyaknya 7 miliar lembar dengan nominal Rp 500 per saham," tulisnya.