Korea Selatan, menyisir Indonesia demi meraup cuan

Pasar yang cukup besar dan angka pertumbuhan ekonomi menjadi magnet bagi pengusaha Korea Selatan mendulang untung di Indonesia.  

Indonesia menjadi salah satu destinasi menarik bagi para orang kaya di Korea Selatan sebagai tempat mengembangkan bisnis/Shutterstock

Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar Korea Selatan? Sebagian besar mungkin akan menjawabnya dengan artis K-pop ataupun bisnis operasi plastik. 

Di luar itu, pertumbuhan ekonomi Korea Selatan tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Wabah demam Korea yang menjangkit Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, dimanfaatkan oleh pengusaha Korea Selatan melebarkan sayapnya ke negara tropis ini. Beberapa produk seperti kosmetik, makanan dan minuman cukup laris di pasar lokal. Lalu, restoran yang menjual aneka ragam masakan Korea juga mulai menjamur, terutama di mall-mall. 

Indonesia menjadi salah satu destinasi menarik bagi para orang kaya di Korea Selatan sebagai tempat mengembangkan bisnis. Pasar yang cukup besar dan angka pertumbuhan ekonomi menjadi magnet bagi pengusaha Korea Selatan mendulang untung di Indonesia.  

Menurut data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dalam satu dekade terakhir, pertumbuhan nilai investasi dari para chaebol ini mencapai 37,01% per tahunnya. Tahun lalu, investasi asing dari Korea Selatan tercatat US$2,02 miliar. Nilai ini meroket 89,96% dibandingkan dengan realisasi investasi pada tahun 2016. 

Jika ditotal, nilai investasi asing dari Korea Selatan sejak tahun 2007 hingga 2017 mencapai US$12,67 miliar atau berada pada peringkat kelima sebagai negara dengan investasi terbesar setelah Jepang dan Belanda.