Korporasi tahan ekspansi, pertumbuhan kredit bank turun ke 7%

Kredit korporasi melemah karena perusahaan tidak berani menarik utang dari perbankan.

Bank Indonesia (BI) mencatat kredit perbankan pada September 2019 tumbuh sebesar 7,89% secara tahunan (year on year/yoy). / Antara Foto

Bank Indonesia (BI) mencatat kredit perbankan pada September 2019 tumbuh sebesar 7,89% secara tahunan (year on year/yoy) atau mengalami penurunan jika dibandingkan Agustus 2019 sebesar 8,59% (yoy). Penurunan kredit perbankan ini disebabkan permintaan kredit korporasi yang melemah.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan, dengan kondisi perekonomian yang terus tertekan, banyak perusahaan masih menunggu dan menimbang untuk melakukan ekspansi.

Korporasi takut investasi yang dikucurkan tidak akan menghasilkan keuntungan bahkan tak balik modal. Indikatornya dapat dilihat dari menurunnya impor bahan baku di kuartal I dan kuartal II-2019.

Saat ini, banyak korporasi yang masih menggunakan modal sendiri atau menggunakan instrumen laba ditahan, alih-alih mengambil kredit.

"Kredit belum meningkat secara pesat karena masih belum banyaknya peningkatan permintaan kredit korporasi," kata Perry di Jakarta, Kamis (21/11).