Laba Astra International melejit capai Rp17,1 triliun

Emiten otomotif PT Astra International Tbk. (ASII) membukukan laba bersih mencapai Rp17,1 triliun, meningkat 21% year-on-year.

Emiten otomotif PT Astra International Tbk. (ASII) membukukan laba bersih mencapai Rp17,1 triliun, meningkat 21% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu Rp14,2 triliun. / Perseroan

Emiten otomotif PT Astra International Tbk. (ASII) membukukan laba bersih mencapai Rp17,1 triliun, meningkat 21% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu Rp14,2 triliun.

Direktur Utama Astra International Prijono Sugiarto mengatakan, kinerja keuangan perseroan menggembirakan di tengah persaingan sengit pada industri.

"Kami berharap Grup akan mencapai kinerja tahunan yang baik, meskipun persaingan yang sengit di pasar mobil serta pelemahan harga minyak kelapa sawit masih tetap diwaspadai," kata Prijono Sugiarto dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (29/10).

Secara keseluruhan, ia menyampaikan, laba bersih grup selama periode sembilan bulan 2018 itu meningkat, disebabkan penambahan kontribusi dari segmen bisnis alat berat, pertambangan, konstruksi dan energi, segmen jasa keuangan dan segmen otomotif, yang melebihi dari penurunan kontribusi segmen agribisnis.

Sementara itu, lanjut dia, pelemahan mata uang rupiah selama periode ini menekan marjin terhadap bisnis manufaktur grup. Di mana dampak itu diimbangi oleh bisnis-bisnis berbasis komoditas grup, aktivitas ekspor serta meningkatnya keuntungan selisih kurs.