Laba bersih Standard Chartered naik 214% di kuartal I-2018

Perolehan laba bersih yang meningkat signifikan ditopang total pendapatan bunga bersih bank yang meningkat 9% yoy serta beban operasional

Perolehan laba bersih yang meningkat signifikan ditopang oleh total pendapatan bunga bersih bank yang meningkat 9% yoy serta beban operasional menurun hingga 6% yoy./Eka Setiyaningsih

Standard Chartered Bank Indonesia (Stanchart Indonesia) mencatatkan laba bersih Rp 341 miliar di kuartal I-2018. Laba ini naik 214% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (yoy).

Perolehan laba bersih yang meningkat signifikan ditopang oleh total pendapatan bunga bersih bank yang meningkat 9% yoy serta beban operasional menurun hingga 6% yoy.

"Kenaikan pendapatan bunga bersih 9% yoy dikontribusikan oleh produk perbankan transaksi dan wealth management yang masing-masing tumbuh 32% yoy dan 16% yoy," ujar Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, Rino Donosepoetro.

Selain itu, total aset bank di kuartal I-2018  juga meningkat sebesar 4% yoy. Hal itu ditunjukkan dengan NPL gross yang lebih rendah yaitu sebesar 3,9% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu sebesar 5,8%.

Rasio profitabilitas Standard Chartered pada kuartal I-2018 menunjukkan kinerja yang solid dengan perolehan Return on Asets (ROA) sebesar 3,16% dan Return on Equity (ROE) sebesar 16,35%.