Listrik padam, UMKM yang paling dirugikan

Sektor UMKM seperti: restoran dan pusat perbelanjaan yang paling terkena dampak pemadaman listrik.

Sektor UMKM yang paling dirugikan atas pemadaman listrik./Antara

Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu (4/8) sampai Senin pagi (5/8) diprediksi bakal merugikan ekonomi nasional secara besar. Pengamat menilai, sektor usaha menengah kecil mikro (UMKM) menjadi yang paling dirugikan atas pemadaman listrik. 

Pengamat Ekonomi Energi UGM Fahmy Radhi menyebut aktivitas di pusat perbelanjaan dan restoran menjadi yang paling berdampak atas pemadaman listrik tersebut. UMKM yang tidak memiliki genset dan konsumen juga disebut yang paling terasa kerugiannya.  

Menurutnya pemadaman listrik secara meluas ini hampir tidak pernah terjadi sebelumnya. Sebab PLN sudah menerapkan Digital Monitoring System yang canggih. Sehingga begitu ada gejala blackout dapat segera diketahui dan diatasi dalam waktu singkat.  

"Kerusakan yang terjadi di beberapa tempat secara bersamaan ini merupakan blackout (kecelakaan pemadaman) yang uncontrollable by manajemen," kata Fahmy pada Senin (5/8). 

Sementara itu, Ekonom Indef Tauhid Ahmad menilai dampak ekonomi secara nasional relatif sangat kecil. Sebaliknya, dampak terbesarnya adalah soal kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan PLN dalam menangani gangguan seperti ini.