Live shopping dan hyperlocal bantu UMKM laris manis di Tokopedia

UMKM mendapatkan panggung besar dengan fasilitas live shopping dan fitur hyperlocal.

Dokumentasi Tokopedia.

Marketplace Tokopedia mencatat kategori Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Fesyen, Kesehatan dan Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia sepanjang kuartal-I 2022. Sementara, minyak dan buah menjadi beberapa produk harian yang paling banyak dibeli masyarakat.

Hal itu diungkapkan Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam Media Alert Tokopedia, Selasa (19/7).

Ekhel menambahkan dengan melihat tren ini, Tokopedia terus berupaya menghadirkan berbagai inisiatif, misalnya Hyperlocal. Inisiatif tersebut mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

"Sehingga belanja produk kebutuhan harian bisa lebih efisien karena ongkir lebih terjangkau dan pegiat usaha lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh," ungkapnya.

Didorong oleh inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga mencatat wilayah Asmat, Tual, Jeneponto, Takalar dan Bantaeng merupakan beberapa wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia selama semester-I 2022 dibandingkan semester-II 2021.