Luhut klaim sering pakai duit pribadi buat perjalanan dinas

"Saya sebagai pejabat negara pergi ke hotel enak, karena saya bayar sendiri. Sebab (kalau) dibayar kantor kurang."

Ketua BPK Agung Firman Sampurna (kiri) berbincang dengan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan disela-sela 'Entry Meeting' Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian di Auditoriat Utama Keuangan Negara (AKN) IV di Kantor BPK, Jakarta, Senin (6/1/2020). Foto Antara/M Risyal Hidayat.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengatakan akan menyoroti anggaran perjalanan dinas di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Anggota Auditor IV BPK Isma Yatun menyampaikan kementerian yang dipimpin oleh Luhut Binsar Pandjaitan mendapatkan catatan terkait dengan perjalanan dinas dari lembaganya.

"Kami memperingatkan Bapak Menko (Luhut), belanja barang dan khususnya belanja perjalanan dinas akan kami soroti," katanya di Jakarta, Senin (6/1).

Alokasi anggaran kurang

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Menko Luhut Binsar mengakui anggaran perjalanan dinas kerap menjadi persoalan. Namun, Luhut menyebut alokasi anggaran untuk kementeriannya kurang dari kebutuhan. Bahkan, dia mengaku sering mengeluarkan dana pribadi untuk membiayai penginapannya saat dinas.