Luhut minta bantuan Jepang tingkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia

Forum Dialog Pemerintah dan Swasta RI-Jepang ketiga digelar di Jakarta, Rabu (29/5).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam Forum Dialog Pemerintah dan Swasta RI-Jepang ke tiga yang digelar di Jakarta, Rabu (29/5). / Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta Jepang untuk ikut meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia. 

"Top priority (prioritas utama) pemerintah sekarang adalah peningkatan sumber daya manusia, oleh karena itu kami minta agar dibantu untuk pengembangan SDM terutama yang berada di luar Pulau Jawa," ujarnya di Jakarta, Rabu (30/5).

Luhut menyampaikan hal itu dalam Forum Dialog Pemerintah dan Swasta RI-Jepang ketiga yang digelar di Jakarta, Rabu. Forum ini dihadiri delegasi Jepang yang dipimpin oleh Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Hiroshige Seko.

Menurut Luhut, peningkatan kualitas tenaga kerja tak lepas dari tujuan pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan seluas mungkin bagi masyarakat. Terutama di proyek-proyek yang dibiayai investasi asing.

"Saya sangat mengapresiasi langkah pihak Jepang dalam memberikan pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas SDM, hal ini sudah baik. Namun ke depan saya minta upaya ini lebih banyak dilakukan," tuturnya.