Menagih janji keringanan cicilan utang

Puluhan ribu debitur perbankan dan perusahaan pembiayaan sudah mengajukan keringanan cicilan utang.

Pemerintah mengucurkan stimulus berupa relaksasi kredit bagi UMKM, pekerja informal, dan nelayan. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Di tengah sepinya jalanan Jakarta, Fauzan berjuang mengais rezeki. Lelaki yang berprofesi sebagai pengemudi ojek daring ini berharap ada order yang bisa menambah penghasilan. Mendapat order di masa imbauan #dirumahsaja memang cukup menantang. 

Fauzan butuh fulus untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar cicilan kredit motornya. Dia mengaku sudah mendengar ada janji presiden soal keringanan cicilan utang. Salah satunya akan ditujukan pada kaum seprofesinya yang mengandalkan pendapatan secara harian. 

Fauzan mengaku tertarik mengajukan permohonan keringanan kredit seperti dijanjikan pemerintah. "Kayaknya kalau persyaratannya gampang bakal mengajukan,” kata Fauzan saat berbincang dengan Alinea.id, Jumat (3/4).

Ali, juga pengemudi ojek daring, bahkan sudah menyiapkan permohonan keringanan kredit. Sayangnya, permohonan Ali kepada perusahaan pembiayaan (leasing) ditolak lantaran tidak memenuhi syarat.

“Saya kebetulan langsung konfirmasi ke pihak leasing, katanya buat yang terjangkit corona. Harus punya rujukan dari dokter bahwa positif corona,” ungkap Ali dengan nada kecewa pada penghujung Maret lalu.