Mendag berikan jaminan harga minyak goreng Rp14.000/liter

Program yang diluncurkan pemerintah ini menjadi langkah konkret dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Mendag saat memberikan sambutan peluncuran Program Migor 14 Ribu dan BUMN Holding Pangan “ID Food” di Museum Fatahillah, Jakarta, Rabu (12/1/2022). Foto YouTube Kemendag

Kementerian Perdagangan memberikan jaminan harga jual minyak goreng Rp14.000 per liter. Jaminan ini disampaikan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi saat menghadiri peluncuran program "Migor 14 Ribu" dan peluncuran "Holding BUMN Pangan 'ID Food'" di Museum Fatahillah, Jakarta, Rabu (12/1).

Lutfi menyampaikan, program yang diluncurkan pemerintah ini menjadi langkah konkret dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya kebutuhan pokok seperti minyak goreng.

"Sesuai mandat Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Perdagangan untuk menjamin stabilitas harga bahan pokok, program 'Migor 14 Ribu' bisa penuhi kebutuhan masyarakat khususnya yang kurang mampu," paparnya dalam keterangan resminya.

Melalui program ini diharapkan dapat terus mempertahankan penerimaan devisa kelapa sawit yang harganya sangat baik di pasar internasional, selain juga untuk menjaga keterjangkauan masyarakat.

"Kami saat ini sedang melakukan intervensi dengan menggunakan mekanisme Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yaitu menyiapkan 1,2 miliar liter untuk enam bulan pertama 2022. Saya jamin harga minyak goreng akan berada di Rp14.000/liter," tegasnya.