Mendag: Jaga daya beli untuk ekonomi bangkit

Lutfi mengharapakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di akhir tahun 2021 akan mencapai 4 %. 

Muhamad Lutfi. foto tangkapan layar

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi berharap semua pihak dapat menjaga momentum daya beli untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk itu, pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat tidak boleh teledor dalam menangani COVID-19. 

Hal ini disampaikan Mendag saat membuka acara Hari Ritel Nasional ke-2 Tahun 2021 dengan tema “Ritel Tangguh, UMKM Maju, Indonesia Bangkit,” yang diselenggarakan pada hari ini.

“Saat ini kita bersama-sama mencari ekuilibrium baru pasca Covid-19. Salah satunya dengan menjaga agar daya beli masyarakat tetap terjaga supaya perekonomian Indonesia bisa tetap tumbuh dan sehat,” kata Mendag di Acara Ritel Hari Ritel Nasional ke-2 Tahun 2021.

Hal ini karenakan konsumsi masyarakat, lanjut Mendag, menyumbang produk domestik bruto (PDB) terbesar untuk negara. Pada 2020, konsumsi masyarakat mencapai 57,66 % dari PDB. Artinya, konsumen Indonesia berperan besar dalam mendorong perekonomian nasional. Mendag menuturkan, pada September 2021, indeks kepercayaan konsumen mencapai 95,5 % dan pada Oktober 2021 mencapai 113 %. 

“Angka kenaikan ini merupakan hasil komitmen Kemendag bersama seluruh asosiasi mal dan pusat belanja untuk kembali membuka mal dan pusat perbelanjaan, khususnya jika dibandingkan dengan indeks kepercayaan masyarakat pada Agustus 2021 sebesar 77,3 %. ” jelas Mendag.