Menhub apresiasi peran Aptrindo saat pandemi

Aptrindo diharapkan dapat berkontribusi lebih besar dalam proses pemulihan ekonomi yang tengah berlangsung. 

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Dokumentasi Kemenhub

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyatakan, Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) memiliki peran besar dalam kelangsungan sistem logistik nasional. Ini semakin terlihat dalam distribusi barang saat pandemi Covid-19 menyusul adanya pengetatan serta pembatasan aktivitas dan perjalanan.

"Di masa pandemi ini, saya yakin, Aptrindo akan meningkatkan perannya dalam pendistribusian barang, logistik, dan konsumsi di Indonesia karena Aptrindo merupakan salah satu pilar utama yang mendukung sistem logistik nasional," katanya dalam keterangannya, Selasa (8/3).

Budi Karya pun berharap, Aptrindo meningkatkan kiprahnya. Pangkalnya, peran vital angkutan barang nasional melalui moda transportasi darat berkontribusi lebih dari 70% dalam mendukung distribusi barang dan aliran rantai pasok kebutuhan harian ke berbagai pelosok negeri.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, menambahkan, Aptrindo perlu meneruskan kinerja positif selama pandemi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, terutama saat PPKM. Aptrindo pun diminta menyukseskan program pemerintah dalam peningkatan kinerja sektor perhubungan dan perdagangan. 

"Aptrindo memiliki peran pendukung dalam mata rantai suplai kebutuhan masyarakat hingga kebutuhan bisnis dan industri nasional," ujarnya dalam peringatan HUT ke-7 Aptrindo.