Menhub dorong peningkatan produksi kendaraan listrik

Kementerian Perhubungan juga terus mensosialisasikan penggunaan kendaraan listrik kepada masyarakat.

Menhub, Budi Karya Sumadi, menjajal mengendari sepeda motor listrik. Dokumentasi Kemenhub

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta pelaku industri gencar memproduksi dan memasarkan kendaraan listrik di Indonesia. Upaya meningkatkan jumlah kendaraan listrik di Indonesia ini dapat dilakukan melalui produksi kendaran baru, maupun konversi dari kendaraan berbahan bakar fosil (BBM) menjadi kendaran bermotor listrik berbasis baterai. Hal ini disampaikan Budi saat membuka pameran Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), di JCC Senayan, Rabu (2/11).

"Saya mengapresiasi beberapa produsen besar sepeda motor sudah mulai memproduksi kendaraan listrik. Kita harus mulai memikirkan untuk melakukan konversi dari sepeda motor BBM ke listrik, agar peningkatannya bisa semakin masif," kata Budi.

Penggunaan kendaraan listrik secara masif menjadi suatu hal yang perlu dilakukan. Disampaikannya, kendaraan listrik dapat menjadi solusi dari masalah krisis energi fosil dan isu lingkungan seperti perubahan iklim.

Selain itu, transisi menuju kendaraan listrik juga dapat menjadi pilihan di tengah tekanan APBN akibat subsidi BBM.

"Subsidi BBM yang besar menyebabkan adanya tekanan pada APBN kita, dan kita mempunyai opsi lain yaitu, melalui penggunaan kendaran listrik," ujarnya.