Menko Ekonomi minta masyarakat kawal proses perizinan

Perizinan harus melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)

Proses perizinan harus dipermudah/dokumentasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

Pemerintah menilai ada beberapa faktor utama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, diantaranya investasi, ekspor, dan vokasi. Selain itu, ada juga faktor pendukung investasi yaitu insentif perpajakan dan penyederhanaan perizinan.

Terkait dengan perizinan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, mengatakan, perlu adanya pengawalan proses perizinan oleh Satuan Tugas Percepatan Pelaksanaan Berusaha (STPPB).

“Perizinan harus melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai front line, serta standar dan pelayanan perizinan yang terintegrasi secara elektronik,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/3) di Yogyakarta.

Oleh karena itu diperlukan perubahan paradigma birokrasi, dari yang tadinya “penguasa dan birokrat” menjadi “pelayan masyarakat”. Melalui pengawalan proses perizinan oleh Satuan Tugas Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Dimana perizinan hanya melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai front line. Adanya standar perizinan serta pelayanan perizinan yang terintegrasi secara elektronik.