Menperin: Pemulihan ekonomi berjalan cepat di awal tahun

PMI Indonesia tembus 52,2 di Januari, tertinggi sejak 6,5 tahun terakhir.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan pemaparan ketika melakukan kunjungan kerja di PT Dexa Laboratories of Biomolecular Science, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/3/2020). Dokumentasi Kementerian Perindustrian.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemulihan ekonomi berjalan semakin cepat di awal tahun ini. Hal itu terlihat dari Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia bulan Januari yang mencapai level 52,2.

PMI Januari tersebut lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya yang sebesar 51,3, dan merupakan peningkatan yang keempat kalinya secara beruntun sejak November 2020.

“Di tengah masa-masa sulit ini, kenaikan selama empat bulan berturut-turut ini, menunjukkan bahwa rebound-nya ekonomi Indonesia akan semakin cepat,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Alinea, Rabu (3/2).

Dia mengungkapkan, peningkatan PMI manufaktur Indonesia pada Januari 2021 merupakan yang paling cepat selama 6,5 tahun terakhir dan yang paling besar sejak survei dimulai pada April 2011.

Sementara itu, Direktur Ekonomi di IHS Markit Andrew Harker menyampaikan, sektor manufaktur Indonesia masih dalam jalur pemulihan pada awal tahun 2021, dengan pertumbuhan output dan pesanan baru di antara yang terbaik dalam survei selama satu dekade ini.