Menperin resmikan pabrik panel listrik tegangan tinggi

Pabrik tersebut dibangun di area seluas 1.000 meter.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto meresmikan pabrik panel listrik tegangan tinggi milik produsen teknologi ketenagalistrikan dan otomatisasi asal Swiss di Tangerang, Banten./Eka Setiyaningsih

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto meresmikan pabrik panel listrik tegangan tinggi milik produsen teknologi ketenagalistrikan dan otomatisasi asal Swiss di Tangerang, Banten.

“PT ABB Sakti Industri yang telah berinvestasi dan berperan serta dalam membangun dan mengembangkan industri peralatan listrik asal Indonesia,” kata Airlangga saat menghadiri pembukaan pabrik PT ABB Sakti Industri, Tangerang, Selasa (9/10).

Pabrik tersebut dibangun di area seluas 1.000 meter. Nantinya akan memproduksi panel listrik atau Gas Insulated Switchgear (GIS) tegangan tinggi hingga 170 kilo volt.

GIS merupakan sistem switchgear yang dikemas dalam tabung kompak dengan menggunakan bahan bakar gas sebagai media isolasinya. Hal ini memungkinkan penggunaan aman di ruang tertutup dan lingkungan menantang serta menghemat ruangan secara signifikan.

Adapun fasilitas manufaktur baru ini merupakan yang keempat dibangun perusahaan Swiss itu di Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Sekaligus sebagai bagian dari rencana investasi US$30 juta.