Menristek ungkap potensi tersembunyi industri kopi di Indonesia

Potensi tersembunyi tersebut mulai dari bangkitnya kebun kopi peninggalan masa lalu, sampai minat generasi muda yang besar di industri ini.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro, dalam webinar virtual memperingati Hari Kopi Nasional 2021, Rabu (10/03/2021). Foto tangkapan layar.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengungkapkan terdapat beberapa potensi tersembunyi dari perkebunan kopi di Indonesia. Hal ini disampaikannya dalam webinar peringatan Hari Kopi Nasional 2021.

"Ada potensi tersembunyi di perkebunan kopi kita. Pertama, kita berhasil membangkitkan kembali perkebunan kopi peninggalan masa lalu yang terbengkalai," kata Bambang, Rabu (10/3). 

Dia melanjutkan, perkebunan kopi yang dibangkitkan kembali tersebut terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Perkebunan kopi tersebut ditemukan dan diolah kembali oleh masyarakat, sehingga menghasilkan produk kopi Sinagar. 

Menurut Bambang, saat ini produk kopi Sinagar tersebut telah berhasil menembus pasar global.

Potensi lainnya dalam industri kopi juga datang dari pemuda-pemuda yang saat ini berminat mengembangkan start-up di bidang industri kopi.