Menteri Darmin: Lebaran tahun ini lebih baik dari kemarin

Darmin Nasution mengklaim Lebaran tahun ini lebih dari sebelumnya, ditinjau dari harga pangan yang stabil dan kelancaran ritual mudik.

Menteri Perekonomian Darmin Nasution didampingi istri dalam acara open house di kediamannya, Jakarta, Sabtu (16/6) (Eka/ Alinea).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengklaim Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Perkara harga pangan yang stabil, kelancaran mudik, hingga kemacetan yang tak terlampau menggigit di sejumlah ruas jalan, menjadi indikator untuk menilai situasi Lebaran. Ia menjelaskan pandangannya tersebut dalam acara open house, di kediaman dinasnya, Jalan Widya Candra IV Nomor 17, Jakarta Selatan, Sabtu (16/6).

"Alhamdulillah, Lebaran tahun ini suasananya baik, ekonomi harga-harga cukup baik, praktis ya tidak ada yang naik menonjol, mungkin telur agak naik sedikit, tapi nanti cepat turun," ujar Darmin, yang mengenakan setelan kemeja batik itu di Jakarta, Sabtu (16/6).

Menurut Darmin, untuk harga komoditas seperti bawang, cabai, hingga daging juga normal pada Lebaran ini. Harga bahan pokok tersebut dinilai tidak memberatkan masyarakat.

"Jadi tahun ini rasanya masyarakat kita berlebaran, dengan harga (bahan pokok) yang tidak mengganggu. Lebaran tahun ini pemerintah cukup fokus menjaga harga-harga," ungkap Darmin.

Khusus harga beras, Darmin mengakui sejak awal 2018 kerap mengalami kenaikan. Bahkan melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah. Namun saat ini harganya mulai berangsur turun. Meski tidak banyak penurunannya, imbuh Darmin, namun ia berharap beras medium seharga dengan HET-nya.