Menthobi Karyatama Raya akuisisi 100% saham Khatulistiwa Sinergi

Pengambilalihan saham ini untuk memperkuat penjualan minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) perusahaan.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

PT Menthobi Karyatama Raya Tbk. (MKTR), perusahaan investasi yang menerapkan best practices di industri agribisnis dan berorientasi pada prinsip keberlanjutan yang ramah lingkungan baru saja menyelesaikan akuisisi terhadap PT Khatulistiwa Sinergi Omnidaya (KSO).

Pengambilalihan saham ini secara strategis dilakukan untuk memperkuat penjualan minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) perusahaan yang juga merupakan bagian dari grup Maktour ini.

Pengambilalihan ini dilakukan terhadap seluruh saham KSO dan anak perusahaannya. Transaksi dilakukan oleh MKTR bersama entitas anak perusahaan yaitu, PT Menthobi Makmur Lestari (MMaL) yang 99,5% sahamnya dimiliki MKTR. 

Keduanya mengakuisisi KSO dari dua pemegang saham sebelumnya yaitu PT Sjiar Dahan Zaitan (SJADZ) dan PT Embun Rindang Optima (ERO). Transaksi dilakukan pada 28 Agustus 2023.

Nilai transaksi adalah sebesar Rp18,66 miliar. Nilai transaksi tersebut tidak termasuk ke dalam transaksi material bagi Perseroan karena tidak melebihi 20% dari ekuitas perseroan.