Metrodata catat kenaikan penjualan Rp 195 miliar

PT Metrodata Electronics Tbk menerapkan strategi diversifikasi produk guna mengatasi perlambatan ekonomi.

Di tengah perlambatan ekonomi, perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sanggup mencatat kenaikan kinerja. Salah satunya, PT Metrodata Electronics Tbk yang mencatat penjualan sebesar Rp 7,2 triliun hingga kuartal III 2017 atau naik Rp 195 miliar dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun 2016.  

Perusahaan yang mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan ticker MTDL itu mengakui pasar TIK ikut tergerus akibat lesunya perekonomian tahun ini. Oleh karena itu, perusahaan melakukan diversifikasi jenis produk yang dijual. 

Perluasan penjualan produk, diantaranya adalah Notebook Gaming yang menjadi trending di kalangan anak muda, penjualan komponen-komponen peralatan TIK, seperti External Hard Disk, USB, dan Memory Card, penjualan CCTV, serta penjualan merek baru pada beberapa perangkat keras dan lunak lainnya. 

"MTDL menjaga pertumbuhannya dengan melakukan strategi yang konsisten, terus menambah segmen produk maupun merek baru," ujar Sekretaris Perusahaan MTDL Randy Kartadinata, Jakarta, Senin (30/10). 

Strategi itu dilakukan MTDL untuk menghindari ketergantungan penjualan kepada merek-merek atau produk TIK tertentu. Pasalnya, perkembangan TIK sangat dinamis sehingga kinerja setiap produk selalu berfluktuasi tergantung pada dinamika pasar dan perkembangan teknologi yang ada.