MTDL catatkan pendapatan Rp9,3 triliun di semester I-2023

Pada periode ini MTDL berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp272,2 miliar.

Foto istimewa

Emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Digital khususnya di bidang solusi & konsultasi digital serta distribusi digital, PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), mencatatkan peningkatan pendapatan segmen commercial di semester I-2023.

Segmen commercial menyasar penjualan produk IT kepada system integrator di mana end user-nya adalah korporasi. Peningkatan pendapatan dari pelanggan korporasi juga dirasakan oleh unit bisnis solusi & konsultasi yang bertumbuh double digit pada semester I-2023 ini. Sebagaimana diindikasikan dari hasil survei Bank Indonesia (BI), telah terjadi peningkatan kegiatan usaha di triwulan kedua tahun ini.

Pada semester I-2023, MTDL mencatatkan pendapatan konsolidasi sebesar Rp9,3 triliun, sekalipun masih turun 4% YoY, tetapi jika dibandingkan antarkuartal telah terjadi pertumbuhan pendapatan 7% QoQ. Pada periode ini MTDL berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp272,2 miliar atau tumbuh 0,3% YoY dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Proses pemulihan bisnis dirasakan di segmen consumer dari unit bisnis distribusi, yang di mana pada kuartal I-2023 sempat terdampak dari pelemahan permintaan notebook & PC, namun pada kuartal II-2023 ini sudah membukukan pertumbuhan yang positif sebesar 7% QoQ.

Sedangkan pada segmen commercial terus memberikan kontribusi yang solid hingga semester I-2023, menopang unit bisnis distribusi dengan pertumbuhan segmen commercial sebesar 18% YoY. Sekalipun total pendapatan unit bisnis distribusi masih turun 6% YoY, tetapi jika dilihat perkembangan antarkuartal, akibat pemulihan yang terjadi di segmen consumer dan pendapatan yang solid dari segmen commercial telah mendorong kenaikan pendapatan unit bisnis distribusi 18% QoQ.