Mudik Lebaran 2023, Kementerian PUPR pastikan jalur pansela siap digunakan

Kementerian PUPR bahkan mendirikan 503 posko di sepanjang jalur pantai selatan (pansel) Jawa.

Kementerian PUPR memastikan jalur pansel siap digunakan saat mudik dan balik Lebaran 2023.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan jalan lintas pantai selatan (pansela) Jawa sebagai jalur alternatif untuk digunakan pemudik Lebaran 2023. Jalur pansela diklaim sudah baik dan didukung pemandangan indah, termasuk ada beberapa lokasi pariwisata.

Hadirnya jalur pansela, menurut Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, diharapkan turut menopang beban jalan tol atau lintas pantai utara (pantura) dan lintas tengah Jawa. Pangkalnya, antusiasme pemudik tahun ini meningkat usai kebijakan pembatasan selama pandemi Covid-19 dicabut.

"Untuk itu, saya mengajak masyarakat memanfaatkan jalan pansel ini, jalan dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai. Pemandangannya indah dan instagrammable. Bagi yang lewat jalur ini, mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga," tuturnya dalam keterangannya, Selasa (17/4).

Basuki menambahkan, Kementerian PUPR menyiapkan Posko Mudik Sapta Taruna di jalur pansela mulai dari Banten, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), DIY, hingga Jawa Timur (Jatim) untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Ada 503 posko yang disiapkan serta masing-masing dilengkapi petugas jaga dan peralatan tanggap darurat, seperti 3 dump truk, 1 pick up, 1 stamper, 1 jack hammer, dan 1 backhoe loader.

Lokasi Posko Mudik Lebaran Kementerian PUPR tersebar di beberapa titik, seperti Jalan Raya Cijulang-Green Canyon ruas Jalan Cimerak-Batas Kota Pangandaran; Jalan Daendels, Purworejo; ruas Tepus-Jerukwudel, Gunung Kidul. Posko akan dilengkapi informasi tentang pansela, fasilitas untuk istirahat, termasuk toilet dan musala, serta guna antisipasi jika terjadi bencana.