Kepala Bappenas: Pandemi menguatkan alasan pentingnya transformasi digital

Penggunaan data yang akurat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Foto Antara/Bayu Prasetyo

Munculnya ketidakpastian dalam sektor ekonomi, sosial, hingga politik akibat pademi Covid-19 mendorong pemerintah untuk segera merespons dengan cepat melalui kebijakan. Salah satunya dengan mempercepat transformasi digital dan penggunaan data yang akurat menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, dalam upaya terwujudnya tranformasi ekonomi, maka dilakukan beberapa upaya, seperti meningkatkan sumber daya manusia, ekonomi hijau, integrasi ekonomi domestik, produktifitas sektor ekonomi, tranformasi digital, dan pemindahan ibu,kota.

“Tranformasi digital di pemerintah sebenarnya terjadi sebelum adanya pandemi Covid-19. Pandemi menguatkan alasan betapa pentingnya akselerasi transformasi digital. Pandemi juga bisa menjadi pemantik dan penyemangat bagi birokrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.” ucapnya dalam webinar, Kamis (4/3).

Ia juga menambahkan transformasi digital sektor kesehatan juga sudah dilakukan sejak lama dan pemerintah akan memperluas jangkauan infrastruktur, agar masyarakat bisa merasakan pelayanan kesehatan secara digital.

“Saya mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menghimpun upaya kolektif dan berkolaborasi melanjutkan pembangunan Indonesia yang lebih baik, lebih tangguh dan berkelajutan dengan memanfaatkan digitalisasi,” kata dia.