Pasar saham Asia turun tertekan panik resesi global

Investor masih khawatir terhadap perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

Ilustrasi / Pixabay

Pasar saham Asia turun pada awal perdagangan Senin pagi sementara harga emas menguat. Kedua hal ini disebabkan kekhawatiran investor akan perang dagang China dan Amerika Serikat (AS) yang berkepanjangan dapat mendorong ekonomi dunia dan ekonomi AS memasuki resesi.

Pada awal perdagangan, indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,17%, setelah Wall Street menghentikan kenaikan beruntun tiga hari menjadi berakhir lebih rendah pada Jumat (9/8).

Saham-saham Australia turun sekitar 0,1%, sementara pasar Korea Selatan bangkit kembali dari kerugian awal naik 0,12%. Sedangkan, pasar di Jepang dan Singapura ditutup untuk hari libur nasional pada Senin.

Saham-saham AS berakhir lebih rendah pada Jumat (9/8) setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa Washington melanjutkan pembicaraan perdagangan dengan Beijing, tetapi AS tidak akan membuat kesepakatan untuk saat ini.

Komentar itu juga mendorong aksi jual di sesi rawan yang melihat Dow Jones Industrial Average turun 0,34%, S&P 500 kehilangan 0,66%, dan Komposit Nasdaq turun 1%.