Pelita Samudera catat laba bersih US$15,4 juta hingga triwulan III-2021

Berlanjutnya pemulihan ekonomi global ini, menyebabkan permintaan yang kuat untuk layanan logistik terutama pada triwulan III-2021.

Salah satu armada milik PT Pelita Samudera Shipping Tbk. (PSSI). Foto istimewa

PT Pelita Samudera Shipping Tbk. (PSSI) perusahaan penyedia logistik dan solusi transportasi laut terintegrasi pengangkutan batu bara dan mineral, merilis laporan keuangan untuk periode sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2021 (triwulan III-2021).

Berlanjutnya pemulihan ekonomi global ini, menyebabkan permintaan yang kuat untuk layanan logistik terutama pada triwulan III-2021. Dalam situasi tersebut, PSSI menunjukkan kinerja keuangan yang luar biasa dengan semua segmen usaha menghasilkan pendapatan yang melebihi tahun sebelumnya.

Hingga triwulan III-2021, perseroan mencatat pendapatan usaha sebesar US$75,3 juta meningkat 47% (YoY) dari US$51,1 juta. Segmen kapal tunda dan tongkang menyumbang pendapatan tertinggi dengan jumlah US$26,8 juta, diikuti segmen fasilitas muatan apung (floating loading facility (FLF/FC) dengan pendapatan US$25 juta, dan kapal curah besar dengan kontribusi US$23, 5 juta.

Direktur Utama PT Pelita Samudera Shipping Tbk Iriawan Alex Ibarat mengatakan, memasuki akhir 2021, pendapatan perseroan masih akan cukup stabil pada kuartal empat, mengingat masih tingginya permintaan pengangkutan batu bara untuk domestik dan internasional, dan karena itu utilisasi kapal-kapal perseroan masih akan tinggi.

"Kami akan berupaya hingga akhir 2021 ini untuk memberikan pengembalian investasi yang lebih baik untuk pemegang saham, dan fokus pada profitabilitas,” kata dia, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/10).