Peluang Indonesia menjadi pusat perdagangan online terbuka

LPEI atau Indonesia Eximbank di 2018 menginisiasi program Digital Handholding Program (DHP) untuk membantu pelaku usaha berorientasi ekspor

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara./LPEI

Riset terbaru McKinsey & Company menyebutkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi pasar perdagangan online terbesar di Asia Tenggara dengan nilai US$2,5 miliar. 

Bahkan pada 2022, diproyeksikan mencapai US$20 miliar. Secara makro, perdagangan online juga telah menciptakan 4 juta lapangan pekerjaan dan diperkirakan mencapai 26 juta pada 2022. 

Hal itu mendorong Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara untuk mempromosikan ekspor melalui e-commerce. 

Dia menjelaskan, telah melakukan diskusi dengan miliader asal China, Jack Ma mengenai bagaimana Alibaba dapat membantu Indonesia dalam meningkatkan ekspor ke China. 

"Salah satu caranya adalah menjual lebih banyak produk Indonesia pada acara 'Single Days' yang diselenggarakan oleh Alibaba setiap tahun pada 11 November," ujarnya dalam siaran tertulis yang disiarkan Indonesia Eximbank, Selasa (9/10).