Peluang The Fed pangkas suku bunga

Ekonomi global disebut dalam ketidakpastian, kondisi ini kemungkinan menjadi pertimbangan The Fed pangkas suku bunga.

Ketua Fed Jerome Powell dijadwalkan menyampaikan laporan kebijakan moneter./Facebook

Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed menilai, ekonomi global saat ini sedang mengalami ketidakpastian. Dalam laporan The Fed yang disampaikan kepada Senat AS, perekonomian dalam dan luar negeri dalam beberapa bulan terakhir sedang mengalami turbulensi. 

Berkaca pada kondisi tersebut, The Fed kemudian akan mengambil langkah dalam menghadapi situasi ekonomi dengan mempertahankan ekspansi ekonomi. Meski begitu, The Fed berjanji akan mengambil langkah yang wajar dalam mempertahankan ekonomi. 

Adapun acuan dari laporan tersebut berdasarkan kondisi ekonomi pada Mei. The Fed menilai berdasarkan informasi yang dipantau, ekonomi dinilai lebih suram akibat meningkatnya ketidakpastian prospek ekonomi. 

Bahkan, indikator pertumbuhan dari seluruh dunia telah mengecewakan. Sebabnya terjadi peningkatan kekhawatiran tentang kekuatan ekonomi global. 

Rencananya, Ketua Fed Jerome Powell dijadwalkan pada Rabu (10/7/2019) dan Kamis (11/7/2019) akan menyampaikan Laporan Kebijakan Moneter Setengah Tahunan dihadapan Komite Senat bidang Perbankan, Perumahan, dan Urusan Perkotaan.