Pembangkit EBT terbesar di Sulsel diresmikan, diyakini pincut investor

PLTS Hybrid Selayar berkekuatan 1,3 MWp.

Penampakan udara PLTS Hybrid Selayar, yang menjadi pembangkit EBT terbesar di Sulsel, berlokasi di Kabupaten Selayar, Sulsel, pada Maret 2022. Dokumentasi PLN

PT PLN (Persero) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid Selayar di Desa Parak, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Jumat (15/4).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara PLN, Adi Priyanto, berharap, PLTS ini menjadi pemicu pengembangan inovasi dalam peningkatan mutu pelayanan kelistrikan, khususnya di daerah kepulauan. Bahkan, konsep energi terbarukan juga ada di sini.

"Pembangunan PLTS, yang merupakan pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT), adalah wujud komitmen PLN dalam memasuki transisi energi menuju energi hijau," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/4).

GM PLN Wilayah Sulselbar, Awaluddin Hafid, menambahkan, PLTS Hybrid Selayar berkekuatan 1,3 megawatt peak (Mwp). Infrastruktur vital ini dibangun di atas lahan seluas 1,46 ha dan menelan investasi sebesar Rp39,5 miliar.

"Ini merupakan yang terbesar dan tercanggih di Sulawesi Selatan," jelasnya.