Pembangunan ekonomi juga harus dirasakan dalam jangka panjang

Salah satu penyangga keberlanjutan pembangunan adalah ketersediaan infrastruktur.

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) di Jakarta Timur, Rabu (15/8)./AntaraFoto

Pembangunan ekonomi bukan hanya untuk dinikmati pada masa sekarang, tapi juga harus dirasakan dalam jangka panjang. Pembangunan mesti berkesinambungan. Salah satu penyangga keberlanjutan pembangunan adalah ketersediaan infrastruktur.

Presiden Joko Widodo, mengatakan, selama empat tahun ini, infrastruktur dibangun secara masif dan merata di seluruh pelosok tanah air.

"Pemerintah mempercepat pembangunan nasional, baik pembangunan infrastruktur fisik maupun infrastruktur sosial. Bekerja untuk menghadirkan pemerataan ekonomi yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Mempercepat pembangunan sumber daya manusia Indonesia sebagai prioritas utama pembangunan nasional," papar dia pada Pidato Kenegaraan, di Jakarta (16/8).

Sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru pemerintah dorong agar terus tumbuh. Sejalan dengan pembangunan
infrastruktur. Pelabuhan, bandara, rel kereta api, jalan, dan jalan tol dibangun terintegrasi dengan sentra
pertumbuhan ekonomi daerah sehingga bisa memberi nilai tambah bagi pengembangan wilayah dan juga berdampak pada UMKM.

Konektivitas yang makin tersambung akibat pembangunan infrastruktur bukan hanya akan membuat ekonomi nasional lebih efisien dan berdaya saing. Tetapi juga mempersatukansebagai bangsa. Begitu pula dengan pembangunan infrastruktur transportasi massal modern di perkotaan, seperti LRT dan MRT, akan membangun budaya baru, peradaban baru dalam bidang transportasi massal.