Pembangunan Tol Cisumdawu masih terkendala lahan

Pembangunan Tol Cisumdawu sudah berlangsung lebih dari dua tahun.

Pemerintah menyatakan proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) masih terkendala pembebasan lahan. / Antara Foto

Pemerintah menyatakan proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) masih terkendala pembebasan lahan. Permasalahan ini dibahas dalam rapat koordinasi antara Kementerian Koordinator Maritim, Kementerian Perhubungan, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

"Kendalanya adalah pembebasan tanah, namun untuk di mana saja daerahnya, belum diinterpretasikan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai menghadiri rapat di Jakarta, Jumat (24/5).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan sebagian besar lahan yang belum bebas berada di seksi I yang menghubungkan Cileunyi-Rancakalong.

"Kebanyakan di section I, karena pembangunan di sana melewati rumah-rumah penduduk, dan banyak yang minta kompensasi," kata Ridwan Kamil.

Selain masalah lahan, kendala pembangunan Jalan Tol Cisumdawu ini juga berasal dari lemahnya koordinasi antar pihak yang bertanggung jawab atas proyek tersebut. "Sudah dua tahun proyek ini berjalan, terlalu lambat," ujarnya.