Pemerintah diminta bantu sektor perdagangan agar tak ciptakan resesi berkepanjangan

Jika sektor perdagangan tidak segera ditolong, sejumlah perusahaan akan ambruk dan sulit untuk bangkit kembali.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) meminta, pemerintah menyelamatkan sektor perdagangan agara resesi yang sudah pasti terjadi di 2020 tidak terjadi berlarut-larut.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) APPBI, Alphonzus Widjaja mengatakan, jika sektor perdagangan tidak segera ditolong, sejumlah perusahaan akan ambruk dan akan sulit untuk bangkit kembali.

"Kondisi saat ini sudah sangat berat, sudah seharusnya pemerintah membantu industri dalam negeri, kalau tidak dibantu perusahaan semakin colaps, lebih sulit lagi membangkitkannya, resesi ekonomi menjadi berkepanjangan," katanya dalam webinar, Senin (28/9).

Dia pun mengatakan, pemerintah harus membantu sektor perdagangan agar resesi berlangsung singkat. Hal ini bisa dilakukan dengan menggenjot daya beli masyarakat, memanfaatkan populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 270 juta jiwa.

Selain itu, dia meminta, agar pemerintah memberikan bantuan langsung kepada para pengusaha yang bergerak di sektor perdagangan agar dapat menutupi kekurangan cost operasional mereka yang hanya berjalan 50% sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berlangsung.