Pemerintah lelang 6 WK Migas tahap kedua

WK Migas yang dilelang meliputi 3 WK eksplorasi dan 3 WK produksi.

ilustrasi pixabay.com

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka penawaran lelang reguler Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi (Migas) tahap II tahun 2018. WK Migas yang dilelang meliputi 3 WK eksplorasi dan 3 WK produksi.

"WK eksplorasi yang dilelang yaitu WK Banyumas, Andika Bumi Kita, dan South East Mahakam. Sedangkan tiga wilayah kerja produksi yang akan kita lelang adalah WK Makassar Strait, South Jambi, dan Selat Panjang," kata Direktur Jenderal Migas ESDM, Djoko Siswanto dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Selasa (14/8).

Tiga WK eksplorasi merupakan WK yang sudah dilelang pada tahap pertama lalu. Meskipun banyak peminatnya, tetapi tiga WK eksplorasi tersebut akhirnya kembali dilelang karena badan usaha yang mengikuti lelang tahap pertama membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk melakukan evaluasi dokumen lelang.

"Untuk lelang reguler, waktu untuk mempelajari lapangannya cukup singkat sehingga kita lelang ulang dengan harapan badan usaha bisa mempelajari lebih dalam setelah mengambil bid dokumen," imbuhnya.

Terkait dengan lelang tiga WK produksi, Djoko menjelaskan WK Makassar Strait, yang termasuk bagian dari proyek Indonesia Deepwater Development (IDD), kurang ekonomis bagi kontraktor eksisting, sehingga tidak diperpanjang. Selain itu, Pertamina juga tidak tertarik untuk mengambil alih WK tersebut.