Pemerintah minta pengusaha retail gandeng UMKM

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melihat ada penurunan pangsa ritel tradisional.

Pemerintah meminta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menguatkan kemitraan dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Alinea.id/Annisa Saumi

Pemerintah meminta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menguatkan kemitraan dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melihat ada penurunan pangsa ritel tradisional yang harus segera ditangani agar tidak menimbulkan gejolak sosial.

"Ritel modern yang memiliki akses pengadaan barang dan distribusi, harus bisa membantu warung kecil dalam pengadaan barang dagangan," kata Agus dalam Musyawarah Nasional VII Aprindo di Jakarta, Selasa (12/11).

Agus menegaskan Kemendag mendorong ritel-ritel modern yang tergabung dalam Aprindo untuk memasukkan barang-barang mereka ke ritel tradisional. Dengan pasokan yang stabil, Agus berharap hal tersebut dapat memberi manfaat yang berkesinambungan.

Lebih lanjut, dia juga menyebut Aprindo sebagai wadah berkumpulnya pengusaha ritel memiliki peran strategis dalam menjaga ketersediaan barang dan stabilitas harga di tingkat eceran, terutama barang kebutuhan pokok.

"Meskipun baru menjabat sebagai menteri perdagangan selama dua minggu, saya tahu sepak terjang positif pengurus Aprindo dan kolaborasinya dengan Kemendag," ujarnya.