Pemerintah tegaskan takkan naikkan harga Pertalite

Konflik antara Rusia dan Ukraina membuat harga minyak melejit. Harga minyak mentah dunia saat ini di atas US$110 per barel.

Ilustrasi pengendara mengisi BBM kendaraannya dengan Pertalite di sebuah SPBU. Foto Antara/Olha Mulalinda

Konflik antara Rusia dan Ukraina membuat harga minyak melejit. Harga minyak mentah dunia saat ini masih di atas US$110 per barel, sehingga berdampak pada harga produk bahan bakar minyak (BBM).

Meski demikian, pemerintah menegaskan akan tetap menjual BBM jenis Pertalite sebesar Rp7.650 per liter karena paling banyak dikonsumsi masyarakat.

Harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia crude price (ICP) Februari 2022 mencapai US$95,72 per barel. Sementara itu, angka sementara ICP pada bulan ini per tanggal 17 sebesar US$114,77 per barel.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan, tingginya harga minyak berdampak pada APBN dan harga penyediaan BBM.

"Untuk melindungi masyarakat, BBM bersubsidi, seperti misalnya solar, minyak tanah, dan BBM yang paling banyak dikonsumsi masyarakat seperti Pertalite, harganya tetap dijaga," paparnya dalam keterangan resminya, dikutip Senin (21/3).