Pemerintah tetapkan 21 indeks pembangunan ekonomi inklusif

Dengan target pertumbuhan ekonomi 5,6%, diharapkan beberapa indikator seperti kemiskinan dan tingkat pengangguran bisa berkurang.

Dengan target pertumbuhan ekonomi 5,6%, diharapkan beberapa indikator seperti kemiskinan dan tingkat pengangguran bisa berkurang. / Pixabay

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,6% pada 2020. Untuk mengejar pertumbuhan ekonomi tersebut pemerintah merancang 21 Indeks Pembangunan Ekonomi Inklusif (IPEI). 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan dengan pertumbuhan 5,6% yang ditargetkan pemerintah, diharapkan beberapa indikator seperti kemiskinan dan tingkat pengangguran bisa berkurang. 

"Kita harapkan pada 2020 kemiskinan sudah di bawah 9%, pengangguran sedikit di bawah 5%. Kemudian ketimpangan sedikit di bawah 5%. Ketimpangan kita harapkan sudah 0,38 dan indeks pembangunan manusianya sudah naik lagi ke 72," ujar Bambang di Jakarta, Kamis (25/4). 

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, angka kemiskinan Indonesia tercatat sebesar 9,66%. Sementara tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,34%. Kemudian untuk ketimpangan yang diukur berdasarkan gini ratio sebesar 0,389 dan Indeks Pembangunan Manusai (IPM) mencapai 71,39. 

Lebih lanjut Bambang mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 5,6%, pemerintah akan berfokus untuk mengejar investasi di atas 7%.