Pemerintah segera turunkan harga avtur agar tiket pesawat murah

Saat ini harga avtur di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, lebih tinggi 25% dari harga avtur di Singapura.

Pemerintah akan melakukan penyeimbangan (rebalancing) harga avtur untuk menurunkan harga tiket pesawat yang selama ini masih tinggi. / Antara Foto

Pemerintah akan melakukan penyeimbangan (rebalancing) harga avtur untuk menurunkan harga tiket pesawat yang selama ini masih tinggi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan menggelar rapat dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Pertamina (Persero) untuk membahas harga bahan bakar pesawat tersebut.

“Ada tarif yang lebih terjangkau bisa dipenuhi apabila avtur lebih murah. Kami akan rapat dengan Kementerian BUMN dan Pertamina untuk rebalancing harga avtur,” kata Budi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di Jakarta, Senin (25/11).

Budi mengungkapkan saat ini harga avtur di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, lebih tinggi 25% dari harga avtur di Singapura. Karena itu, ia menginginkan adanya penyeimbangan harga, setidaknya selisihnya 15% dari harga avtur di Singapura.

“Nanti bisa saja kita turunkan bedanya hanya 15%-20%,” katanya.

Selain itu, Budi akan menentukan sejumlah titik yang menjadi patokan harga avtur, di antaranya Bali, Kupang, Makassar, Jayapura, Palembang, dan Ambon.