Penanganan pandemi ibarat damkar mengisi air di ember bocor

Faisal Basri sebut strategi ekonomi jelas, penanganan pandemi tak pernah jelas.

Faisal Basri (kanan) saat menyampaikan materi Seminar Nasional V yang diselenggarakan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada, di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (14/11/ 19)/Foto Antara.

Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri mengatakan, strategi pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional berlapis dan jelas, sementara dalam hal penanggulangan pandemi Covid-19 tidak pernah jelas.

"Jadi kita lihat dalam penanganan virus kita heavy di ekonomi. Strategi untuk ekonomi jelas, bahkan berlapis, namun untuk menangani pandemi tidak pernah jelas," katanya dalam video conference, Sabtu (5/9).

Padahal, lanjutnya, akar masalah krisis yang sedang dihadapi dunia, tak terkecuali Indonesia, adalah persoalan kesehatan yang dipicu oleh pandemi Covid-19.

Sehingga, menurutnya, persoalan yang harus diatasi terlebih dahulu adalah menanggulangi pandemi. Karena penanganan pandemi yang tidak jelas, Faisal mengibaratkan apa yang dilakukan pemerintah saat ini seperti pasukan pemadam kebakaran yang mengisi air di ember yang bocor. 

"Kalau saya lihat kita ini punya akar masalah, tapi yang kita selesaikan bukan akar masalahnya. Kemenkeu, BI, OJK, LPS, Kemenlu sudah bekerja maksimal sebagai pemadam kebakaran. Kebakaran sendiri akar masalahnya belum diselesaikan. Jadi sekuat-kuatnya kementerian ini bekerja ini ibarat mengucurkan air di ember yang bocor," ujarnya.