Pendapatan MAPI meningkat 31% di kuartal I-2022

Hal itu sejalan dengan tingginya antusiasme pelanggan untuk kembali berbelanja di mal.

Sogo Department Store, gerai ritel Mitra Adiperkasa. Foto dokumentasi

PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI), peritel multi-channel branded commerce terkemuka di Indonesia, mengumumkan momentum top line yang positif untuk semua segmen bisnisnya pada kuartal I- 2022. Hal itu sejalan dengan tingginya antusiasme pelanggan untuk kembali berbelanja di mal menyusul semakin longgarnya peraturan pembatasan masyarakat terkait Covid-19. Terlepas dari luasnya penyebaran kasus varian Omicron dengan sangat cepat di Februari.

Namun, perusahaan tetap waspada akan situasi eksternal yang cukup menantang karena adanya perkiraan gangguan terhadap supply chain, serta biaya inflasi yang lebih tinggi untuk transportasi dan supply barang. Hal-hal tersebut berpotensi mempengaruhi kinerja perusahaan pada beberapa kuartal mendatang.

Pada kuartal pertama, pendapatan bersih MAPI naik 30,6% menjadi Rp5,6 triliun dari Rp4,3 triliun dengan GPM yang meningkat menjadi 42,9% dari 41,7% dibanding tahun sebelumnya. Laba usaha melonjak 160,3% menjadi Rp488,4 miliar dari Rp187,6 miliar. EBITDA tumbuh 41,1% dari Rp727 miliar menjadi Rp1 triliun, sedangkan laba bersih naik menjadi Rp577,2 miliar dari Rp18,5 miliar. Perolehan laba bersih di kuartal I-2022 sudah mencakup hasil transaksi divestasi sebagian dari Burger King, yang telah direalisasikan pada kuartal I-2022.

Momentum penjualan meningkat secara signifikan terutama pada segmen Sports, gadget Digital, dan F&B, yang meliputi sebagian besar dari 84 gerai baru yang dibuka pada kuartal I-2022. MAPI juga meluncurkan gerai Power store Foot Locker pertamanya di Senayan City, Digiplus yang merupakan gerai multi-brand baru untuk produk gadget, serta coffee experience center eksklusif di Starbucks Dewata, Bali.

VP Investor Relations Corporate Communications and Sustainability MAP Group Ratih D. Gianda mengatakan, penjualan dan pertumbuhan laba kuartal I ini mencerminkan keyakinan perseroan pada model bisnis unik MAPI, yang secara efektif mengombinasikan ritel multi-channel di seluruh gerai, kanal digital milik perusahaan, dan marketplace pihak ketiga.