Pengamat angkat bicara mengenai kebocoran gas di PLTP Dieng

Ketua Asosiasi Panasbumi Indonesia (API) Prijandaru Effendi meminta dilakukan investigasi atas peristiwa tersebut.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan meningkatkan porsi pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan domestik demi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. / Antara Foto

Kebocoran gas terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Sabtu (12/3). Akibat kecelakaan ini, satu orang dinyatakan meninggal dunia.

Ketua Asosiasi Panasbumi Indonesia (API), Prijandaru Effendi mengatakan, saat ini Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai pengawas keselamatan kerja sedang melakukan investigasi. Tujuannya guna mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, sehingga bisa merumuskan upaya pencegahan agar kejadian semacam ini tidak terulang kembali.

"Saat ini EBTKE sebagai wakil dari pemerintah sebagai pengawas keselamatan kerja sedang melakukan investigasi," ucap Prijandaru kepada Alinea.id, Senin (14/3).

Menurutnya, relief valve yang sudah terbuka secara otomatis saat pengecekan membuat H2S terelease secara tiba-tiba.

"Namun begitu, mari kita tunggu hasil investigasi dari EBTKE agar penyebab kecelakaan ini menjadi terang dan kita tidak berspekulasi," ucapnya.