Penyaluran kredit secara tahunan pada Juni 2020 hanya tumbuh 1,49%

Perlambatan pertumbuhan kredit ini, sejalan dengan kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan yang juga melambat pada Juni 2020.

Perlambatan pertumbuhan kredit ini, sejalan dengan kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan yang juga melambat pada Juni 2020. Foto Antara.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, penyaluran kredit secara tahunan (Year-on-Year/YoY) pada Juni 2020 hanya tumbuh 1,49%. Perlambatan pertumbuhan kredit ini, sejalan dengan kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan yang juga melambat pada Juni 2020.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, memperkirakan pertumbuhan kredit mencapai titik terbawah pada Juni. Dengan penempatan dana pemerintah di bank Himbara akhir Juni lalu, OJK optimistis pertumbuhan kredit akan terus meningkat di bulan-bulan selanjutnya.

"Juni perkirakan titik terbawahnya, dengan asumsi dana pemerintah di bank Himbara leverage tiga kali, sehingga masih ada peningkatan kredit," ujar Wimboh dalam konferensi pers OJK, Selasa (4/8).

Adapun pada Juli, Wimboh mengatakan permintaan kredit ke perbankan telah meningkat dibandingkan dengan Juni. Angka pertumbuhan kredit sementara yang dicatatkan OJK pada Juli adalah 2,26% yoy dengan jumlah penyaluran kredit Rp5.576 triliun.

Wimboh melanjutkan, pertumbuhan kredit di Juli lalu didorong oleh penempatan dana pemerintah sejumlah Rp30 triliun di Himbara. Hingga saat ini, Himbara baru menyalurkan 41,1% dari target distribusi dana tersebut.