Perang OTT adu konten orisinal demi berebut kue di tanah air

Platform streaming asing ramai-ramai garap konten lokal di tanah air sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara

Ilustrasi Alinea.id/Debbie Alyuwandira.

Bertarikh 1 Agustus 2022, perusahaan teknologi yang berfokus pada e-commerce, komputasi awan, streaming digital, dan kecerdasan buatan Amazon.com, Inc resmi membawa layanan streaming digitalnya Amazon Prime Video ke Indonesia. Tidak hanya mengusung konten khasnya yang berupa film bergenre action, film internasional, hingga film orisinal milik Amazon, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini juga bermaksud untuk menggarap konten lokal.

Keseriusan Amazon dalam menggarap pasar Indonesia terlihat dari adanya konten lisensi lokal seperti 'Kuntilanak' pada 10 Oktober, 'Perfect Strangers' yang akan tayang pada 17 Oktober mendatang dan 'Ashiap Man' pada 14 November. Nantinya, Amazon Prime Video juga bakal memiliki konten orisinal lokal yang bertajuk 'Comedy Island: Indonesia' yang diproduksi oleh Base Entertainment dan ditargetkan tayang tahun depan.

Di saat yang sama, Amazon Prime juga tengah menyiapkan konten lokal orisinal lain yang digarap bersama sutradara kondang Joko Anwar dan rumah produksi Come & See Pictures berjudul ‘Siege at Thorn High’, serta konten bernama ‘4 Seasons in Java’ yang naskahnya ditulis oleh Kamila Andini dan diproduksi oleh Four Colour Films.

“Kami berkomitmen pada industri TV dan film lokal dan percaya dalam bekerja sama dengan para talenta yang kreatif dan inovatif di kawasan ini untuk menghadirkan pencitraan yang terbaik, sangat otentik, dan lokal bagi pengguna kami,” kata Head of Asia Pacific Originals Prime Video Ekika North dalam pernyataannya kepada Alinea.id, Senin (1/8) lalu.

Berbekal berbagai persiapan tersebut, Amazon Prime pun kini siap meramaikan industri video on demand (VoD) Indonesia yang sudah semarak. Niat platform asing ini dalam meraup potensi besar pasar layanan over-the-top (OTT) video streaming lokal juga diseriusi dengan menawarkan iming-iming promo. Misalnya, diskon harga berlangganan sebesar Rp59.000 per bulan sejak 1 Agustus hingga 31 Desember, yang diberikan dalam rangka ‘peluncuran perdana’.