Peringkat daya saing Indonesia tertinggi di Asia Pasifik

Indonesia menempati posisi 32 dalam World Competitiveness Ranking 2019 yang dirilis International Institute for Management Development (IMD)

Indonesia menempati posisi 32 dalam World Competitiveness Ranking 2019 yang dirilis International Institute for Management Development (IMD). / Antara Foto

International Institute for Management Development (IMD) menerbitkan laporan tahunan World Competitiveness Ranking 2019. Dalam penilaian tahunan tersebut, Indonesia berhasil menaikkan peringkat daya saingnya menjadi posisi ke-32 dari sebelumnya posisi ke-43 pada 2018. 

Dengan posisi tersebut, Indonesia berada di peringkat paling tinggi untuk kawasan Asia Pasifik. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut hal ini merupakan capaian yang sangat baik.

"Sinergi antara pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan, terutama dunia usaha menjadi kunci untuk meningkatkan kinerja investasi dan daya saing yang lebih baik lagi," ujar Darmin di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (31/5).

Selain Indonesia, delapan dari 14 negara di kawasan Asia Pasifik juga mengalami kenaikan peringkat daya saing. Sedangkan tiga negara lainnya mengalami penurunan, dan selebihnya berada di peringkat yang sama dengan tahun sebelumnya. 

Adapun delapan negara yang mengalami peningkatan daya saing global tersebut ialah Singapura menjadi peringkat pertama menggeser Amerika Serikat, disusul Thailand yang peningkatan poinnya tertinggi kedua setelah Indonesia menjadi 20, Filipina naik empat poin menjadi peringkat 46, Australia menjadi peringkat 21, India, Taiwan, dan New Zealand.