Perlu strategi agar e-commerce jadi peluang

Agar Indonesia tidak hanya sekedar menjadi pasar, perlu ada strategi yang tepat untuk mendukung penguatan UMKM di daerah

Ilustrasi / Pixabay

Indonesia memerlukan strategi yang tepat agar negara ini jangan hanya menjadi pasar bagi pelaku usaha e-commerce dari luar negeri. Tetapi diharapkan dapat dijadikan sebagai peluang memberdayakan industri lokal di tingkat global.

"Agar Indonesia tidak hanya sekedar menjadi pasar, perlu ada strategi yang tepat untuk mendukung penguatan UMKM di daerah, khususnya industri kecil dan menengah berbasis desa selayaknya melalui pemanfaatan teknologi digital ini," kata Peneliti Senior Indonesia for Global Justice (IGJ) Olisian Gultom di Jakarta, Minggu.

Penyiapan sarana pendukung di daerah seperti kemampuan logistik yang memadai, penyiapan server berbasis kabupaten/kota juga harus bisa dilakukan secara paralel atau bersamaan dengan pembangunan jaringan broadband nasional.

Olisias Gultom mengingatkan, nilai dan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di 2018 menjadi yang paling menonjol di ASEAN dan bahkan di dunia. Ia memaparkan nilai ekonomi digital Indonesia tersebut mencapai US$27 miliar (49%), tertinggi di ASEAN, namun di sisi lain kontribusi e-commerce terhadap PDB baru sebesar 2,9%.

"Tetapi potensi dan peluang ini tetap saja rentan menjadi tidak optimal bila tidak disikapi secara bijaksana dan hati-hati bagi pembangunan Indonesia ke depan," paparya.