Pertamina klaim stok BBM aman

Bos Pertamina mengimbau jangan ada panic buying.

Kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan, Jawa Barat. Foto istimewa.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) aman dan tidak terganggu oleh kebakaran tangki di Balongan, Jawa Barat. 

"Kami mohon masyarakat tidak perlu panik dengan isu yang ada, sehingga ada panic buying. Itu tidak perlu karena pasokan aman dan lancar," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin (29/3).

Nicke menjelaskan, dalam memasok BBM, Pertamina telah memperhitungkan kondisi terburuk. Dus, ketika terjadi peristiwa seperti kebakaran kilang, maka skenario darurat tersebut tinggal dijalankan, sehingga tidak menghambat suplai ke masyarakat.

"Dengan kejadian ini, kami pastikan supply BBM aman karena sebetulnya dalam pola supply ini kami memiliki skenario dalam kondisi harus beroperasi di situasi emergency sekali pun," ujarnya.

Selama proses penanggulangan kebakaran di tangki Balongan, lanjutnya, suplai minyak dan gas untuk wilayah yang biasa dipasok tangki Balongan tersebut akan disuplai oleh kilang-kilang di daerah Jakarta dan Cikampek.