Presiden: Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia tercepat di Asia Tenggara

Transformasi teknologi menciptakan momentum yang bukan saja membawa dunia keluar dari pandemi.

Indonesia sebagai Official Partner Country di dalam Hannover Messe 2021. Foto kemenperin.go.id

Sebagai Partner Country dari pameran teknologi terbesar Jerman di dunia, yaitu Hannover Messe 2021, Indonesia bertekad dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengakselerasi ekonomi nasional menuju Indonesia Emas 2045.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya mengatakan, transformasi teknologi menciptakan momentum yang bukan saja membawa dunia keluar dari pandemi, tetapi juga untuk melakukan lompatan besar ke depan. 

“Di 2045, pada usia seabad akan menjadi tahun emas bagi Indonesia, dan ini adalah visi besar Indonesia yaitu 'Indonesia Emas' yang diwujudkan melalui industri 4.0," katanya, Senin (12/4).

Dia menjelaskan, perkembangan ekonomi digital dan industri 4.0 di Indonesia adalah yang tercepat di Asia Tenggara. Indonesia sudah memiliki 2.193 perusahaan rintisan (startup) dan ini merupakan jumlah kelima terbesar di seluruh dunia.

“Industri ini akan berkontribusi pada PDB Indonesia sekitar US$133 miliar di 2025, dan didukung oleh 185 juta penduduk Indonesia yang memiliki akses internet, terbesar keempat di dunia," ujarnya.