sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cita-cita RI jadi produsen biokimia terkemuka di dunia

Indonesia menargetkan bisa menjadi produsen biokimia skala global pada 2030 mendatang.

Qonita Azzahra
Qonita Azzahra Rabu, 23 Feb 2022 07:56 WIB
Cita-cita RI jadi produsen biokimia terkemuka di dunia

Bahan kimia yang dibuat oleh industri kimia sering kali menjadi salah satu katalis bagi sektor industri di sebuah negara. Bahkan, menurut Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian (IKFT Kemenperin) Muhammad Khayam, produksi dan konsumsi produk kimia sering digunakan sebagai tolok ukur tingkat kemajuan dan kesejahteraan suatu negara.
 
Pun demikian di Indonesia. Bersama enam sektor lainnya, yakni makanan dan minuman, tekstil dan pakaian jadi, otomotif, elektronik, farmasi, dan alat kesehatan, pemerintah menggolongkan kimia dan barang-barang dari bahan kimia ke dalam industri prioritas. Pemerintah menjadikan sektor-sektor ini sebagai tumpuan pertumbuhan ekonomi nasional dan katalis agar tujuan untuk menjadi salah satu pemain dunia di 2030 dapat terwujud.

"Itu karena rantai nilai industri kimia erat kaitannya dengan sektor ekonomi produktif lainnya, seperti pangan, sandang dan papan, serta penyediaan bahan baku berbagai industri lainnya. Elektronik dan otomotif, contohnya," katanya, kepada Alinea.id beberapa waktu lalu.

Namun, pertumbuhan manufaktur kimia di tanah air bukan tanpa sandungan. Alinea.id mengulas tantangan-tantangan industri kimia tersebut dalam artikel ini.

Ilustrasi Alinea.id/Enrico P.W.

Sponsored
Berita Lainnya