Pertumbuhan ekonomi kuartal III-2019 melambat ke 5,02%

Pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2019 menurun karena kondisi ekonomian global yang tak kunjung stabil.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2019 tumbuh sebesar 5,02% atau melambat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,17%. / Antara Foto

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2019 tumbuh sebesar 5,02% atau melambat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,17%.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan pertumbuhan ekonomi pada triwulan ini juga tercatat melambat jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2019 yang tumbuh positif di angka 5,05% (year on year/yoy)

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan sejak kuartal satu hingga kuartal tiga tumbuh sebesar 5,04% (yoy)," katanya di Kantor BPS, Jakarta, Selasa (5/11).

Suhariyanto menjelaskan, melambatnya pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2019 terjadi karena kondisi ekonomian global yang tak kunjung stabil dan terus melambat. Dia mengatakan, Amerika Serikat (AS) sebagai kekuatan ekonomi dunia hanya mampu tumbuh 2% di kuartal ketiga secara tahunan.

"Melambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 3,1% (yoy)," ujarnya.