Pertumbuhan kredit kuartal III-2020 diperkirakan hanya tumbuh 1,5%

Disebabkan oleh menurunnya pendapatan sektor usaha, sehingga permintaan kredit baru ikut melambat.

Proyeksi pertumbuhan kredit pada tahun diperkirakan melambat dibandingkan tahun lalu. Foto Antara/dokumentasi

Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro mengungkapkan, sektor perbankan mengalami perlambatan pertumbuhan kredit akibat pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan oleh menurunnya pendapatan sektor usaha, sehingga permintaan kredit baru ikut melambat.

"Sektor perbankan memang mengalami perlambatan pertumbuhan kredit karena permintaan kredit yang jauh berkurang di masa pandemi," katanya dalam video conference Economic Outlook Kuartal III, Kamis (24/9).

Dia menyampaikan, pertumbuhan kredit pada kuartal III-2020 diperkirakan hanya tumbuh sebesar 1,5% secara tahunan (yoy), dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sangat berdampak pada kelangsungan bisnis para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Berdasarkan riset Mandiri Institute, dari 320 UMKM yang disurvei di seluruh Indonesia, ditemukan sebanyak 66% membatasi operasional usahanya, seperti mengurangi waktu operasi, membatasi kapasitas produksi, atau hanya menjalankan lini penjualan.