Perusahaan pelat merah cari utang hingga ke luar negeri

PT Wijaya Karya Tbk akan menyusul PT Jasa Marga menerbitkan obligasi global dalam denominasi rupiah atau obligasi Komodo.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir (kedua kanan) didampingi Direktur Lisana Irianiwati (kanan), Direktur Heru Handayanto (kedua kiri) dan Head of Corporate Secretary & Communications Yolanda Nainggolan berbincang sebelum jumpa pers MOST Award 2017 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (19/12). Mandiri Sekuritas kembali menyelenggarakan MOST Awards yang merupakan acara apresiasi penghargaan kepada para nasabah yang memiliki kisah inspiratif dalam berinvestasi di pasar modal. ANTARA FOTO/Sig

Perusahaan pelat merah kian melirik penerbitan obligasi Komodo sebagai alternatif sumber pendanaan. Rencananya, PT Wijaya Karya Tbk siap menerbitkan surat utang tersebut pada semester I tahun depan.

"Kami akan menangani satu rencana penerbitan obligasi Komodo yang akan dilakukan di awal tahun depan," ujar Presiden Direktur Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir, Jakarta, Selasa (19/12). Dana hasil penerbitan obligasi Komodo tersebut akan digunakan untuk belanja modal alias capital expenditure (Capex), pembiayaan kembali atau refinancing dan pengembangan usaha. 

PT Jasa Marga Tbk telah lebih dahulu menerbitkan obligasi Komodo senilai Rp 4 triliun. Transaksi itu sekaligus merupakan yang pertama di Indonesia. Saat itu, Mandiri Sekuritas merupakan salah satu dari Joint Global Coordinators bersama HSBC. Apabila tak ada aral melintang, penerbitan obligasi Komodo Wijaya Karya akan menjadi yang kedua di Indonesia. 

Obligasi Komodo merupakan surat utang yang dicatatkan di bursa luar negeri atau global bond, namun dalam denominasi rupiah. Jasa Marga melakukan roadshow ke beberapa negara yaitu Hong Kong, Singapura, London, New York dan Boston sebelum mengumumkan penerbitan Komodo Bond. Adapun pencatatannya dilakukan di London Stock Exchange (ISM) dan Bursa Efek Singapura (SGX) pada 11 Desember 2017.

Selain Wijaya Karya, Silvano menyebut masih ada satu perusahaan BUMN lainnya yang berminat untuk menerbitkan obligasi Komodo. "Namun, perusahaan tersebut masih dalam tahap diskusi," tutur dia.